Tips Mendidik Anak Tantrum Dikit-dikit Marah

Anak Anda Trantrum? Simak tips mendidik anak berikut! Tantrum merupakan keadaan dimana anak cenderung menunjukkan perilaku marah karena keinginannya tidak terpenuhi. Kondisi tantrum ini bisa bisa berupa berguling-guling, menangis sekeras mungkin, membanting barang-barang, bahkan menggigit orang di sekitarnya. Hal ini akan terus dilakukan sang anak sampai pada apa yang dia minta benar-benar terpenuhi.

Tips Mendidik Anak Tantrum Dikit-dikit Marah

Seringkali, orangtua mengabaikan kondisi ini dan menyerah dengan menuruti apa yang diinginkan. Padahal, saat keinginan ini dipenuhi, justru anak memiliki konsep dikepalanya, bahwa ketika keinginannya tidak terpenuhi, dia harus selalu marah, menangis, menggigit dan sebagainya. Untuk mengatasi hal ini, berikut adalah tips mendidik anak agar tidak menampilkan temper tantrum.

tips mendidik anak

Biarkan Anak Tantrum
Tips mendidik anak tantrum yang pertama adalah membiarkannya. Biarkan anak Anda menangis. Tanggapilah sikap tantrum ini sebagai hal wajar. Awasi gerak-gerik si kecil agar tidak melakukan hal berbahaya. Sikap diam yang ditunjukan orangtua ini kadang sering mendapatkan perlawanan dari orang sekitar seperti menuruti permintaan si kecil. Jelaskan hal ini kepada mereka bahwa Anda sedang mendidik si buah hati agar tidak egois dan manja.

mendidik anak

Jangan membentak dan memukul
Sayangnya, banyak orang tua yang memukul dan membentak anak saat mereka marah. Hal ini dilakukan agar tantrumnya segera selesai. Terlebih saat berada di tempat umum. Pukulan dan bentakan dilakukan orangtua untuk mengakhirinya. Padahal, hal ini justru salah. Sabarlah saat menghadapi anak tantrum. Pada intinya mereka sedang mencari perhatian dari orangtua. Ketika cara ini tidak berhasil, si kecil nanti juga akan menuruti apa yang Anda katakan dan mengenalinya sebagai sesuatu yang dilarang. Tidak hanya itu, menampilkan sikap sabar pada anak merupakan hal yang tepat. Tips mendidik anak dengan cara ini justru lebih ampuh dari pada memukulnya. Sebab, bila anda melakukan hal ini, justru Anda menambahkan porsinya.

Lakukan komunikasi dan menatap matanya
Berkomunikasi dengan si kecil adalah hal yang penting. Bila hal ini tidak berhasil dan emosi Anda sudah tidak bisa ditahan, ingat! Sabar! Tatap mata Anak anda dan ucapkan kalimat yang tegas (tidak membentak). Dengan cara ini, ia akan paham Anda sedang memberikan peringatan.

Introspeksi diri
Instropeksi merupakan tips mendidik anak yang paling baik. Arahkan Anak anda untuk instropeksi. Beberapa orang mengarahkan si anak untuk pergi ke ruangan untuk instropeksi saat sedang marah sampai marahnya selesai. Hal ini ternyata bisa bekerja dengan baik pada anak tantrum. Bila hal ini masih tidak bekerja, Anda harus kembali ke konsep awal, SABAR dan jangan turuti kemauan mereka.

Menghadapi anak tantrum tentu saja bukan hal yang mudah. Tidak hanya anak yang kehilangan energi karena emosi, tapi juga orangtua, terlebih para ibu hamil. Menambahkan nutrisi tambahan seperti madu fermentasi dari BrainQu adalah hal sangat perlu. Emosi dan stres pada orangtua juga anak bisa mengakibatkan turunnya sistem kekebalan tubuh. BrainQu merupakan pilihan tepat dan baik untuk siapa saja yang aktif. Diperkata bahan alami seperti ekstrak ginko yang baik untuk perkembangan daya pikir, sebagai nutrisi yang tepat untuk anak autis yang memiliki kecenderungan tantrum. Madu berkhasiat untuk menambah nafsu makan dan sekaligus sebagai obat batuk. Sementara ekstrak teratai sangat baik untuk stamina. BrainQu dikonsumsi oleh siapapun termasuk ibu yang sedang hamil. Semoga tips mendidik anak tantrum ini bermanfaat bagi Anda.

Tags:
author

Author: