Puasa Bagi Ibu Menyusui Sehat dan Benar

Hal puasa bagi Ibu menyusui – Semua umat muslim tentu tidak ingin melewatkan momen wajib dalam beribadah, seperti berpuasa. Namun demikian, saat ibu menyusui, menjalankan puasa bisa membuat produksi ASI (Air Susu Ibu) menurun karena kurangnya asupan air dan nutrisi makanan. Tentu hal tersebut membuat kondisi bayi menjadi kurang fit karena asupan ASI yang kurang. Menjalankan ibadah puasa khusus ibu menyusui harus memperhatikan asupan air dan makanan agar cadangan ASI di dalam tubuh tercukupi agar ibu tetap bisa menyusui seperti biasanya.

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Menjalankan ibadah puasa untuk ibu menyusui memang harus memperhatikan beberapa tips agar kuat menjalaninya. Berikut tips lengkapnya.

Mengkonsumsi Makanan Dengan Gizi Seimbang
Menjalankan puasa bagi ibu menyusui harus diimbangi dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Usahakan untuk memenuhi gizi dengan menyediakan makanan serta buah-buahan di saat sahur dan berbuka puasa. Pilih buah-buahan yang cepat diserap tubuh seperti papaya dan pisang.

Perhatikan Asupan Minuman
Karena kondisi ibu menyusui lebih banyak memerlukan asupan cairan agar air ASI tetap lancar maka selama berbuka puasa dan sahur harus lebih banyak minum. Bila perlu ditambah dengan asupan susu khusus untuk ibu menyusui. Susu sangat penting untuk menjaga ketersediaan ASI saat menyusui bayi, sehingga bisa terus memberikan nutrisi alami kepada anak.

Berikan BrainQu
Satu vitamin bernama BrainQu bisa jadi satu nutrisi tambahan yang bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan ibu menyusui. Mengkonsumsi BrainQu secara teratur membuat stamina dari ibu menyusui tetap stabil bahkan BrainQu ini mampu memberikan manfaat menaikkan nafsu makan yang notabene kasus seperti ini juga dialami oleh ibu hamil. Seperti yang kita tahu, kandungan madu, ekstrak teratai dan ginkobiloba memenuhi kebutuhan nutrisi yang hilang selama berpuasa. Nutrisi alami ini tentu saja sangat aman terutama bagi ibu hamil dan menyusui. Jadi Anda tidak perlu khawatir.
Istirahat Cukup
Tips puasa bagi ibu menyusui berikutnya adalah istirahat cukup untuk menjaga ketersediaan ASI tetap stabil serta membuat kondisi tubuh tetap fit. Hindari kegiatan berat agar tubuh tidak terlalu lelah. Berikan waktu lebih banyak untuk kegiatan menyusui karena jika sering menyusui maka produksi ASI akan semakin banyak bahkan ASI tetap lancar.

Melihat dari berbagai keluhan seputar puasa bagi ibu menyusui tentu saja harus kembali memperhatikan semua faktor. Bagi ibu menyusui akan membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi agar ketersediaan ASI tetap ada buat si kecil. Satu hal terpenting adalah jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi karena bisa sangat berbahaya. Itulah beberapa tips menjalankan puasa untuk ibu menyusui, semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: