Cara Mendidik Anak Agar Cerdas itu Mudah Loh

Cara mendidik anak agar cerdas itu mudah, lho! Memiliki anak yang cerdas merupakan dambaan setiap orangtua. Sayangnya, orangtua kerap kali menerapkan cara mendidik anak agar cerdas dengan cara yang sangat ekstrem. Contohnya saja, si kecil dipaksa melakukan berbagai macam kegiatan seperti kursus mata pelajaran yang tidak dikuasai di sekolah atau kegiatan lainnya seperti menari, piano dan lain sebagainya yang justru menguras energi si kecil. Akibatnya, banyak anak-anak yang mengalami stress dan kelelahan akibat penuhnya jadwal seharian. Mereka pun justru kehilangan masa menyenangkan di waktu kecil karena harus terbebani dengan cara orang tua yang sembarangan.

Cara Mendidik Anak Agar Cerdas itu Mudah Loh

Oleh sebab itu, pentingnya pengetahuan soal cara mendidik anak agar cerdas sejak dini haruslah dipahami agar tidak salah kaprah. Berikut adalah tips-tips dasar dalam mendidik si buah hati agar tumbuh pintar dan cerdas.

cara mendidik anak agar cerdas

Bentuk si kecil mulai dari usia dini
Membentuk karakter buah hati nyatanya harus dilakukan sejak dini. Seperti apa caranya? Ajarkan si kecil melakukan khal-hal positif. Diusia balita pun hal ini juga perlu dilakukan. Senantiasa mengeluarkan kalimat positif serta menjaga emosi ternyata terbukti mampu membentuk anak lebih baik. Bagaimana tidak? Saat masih kecil, anak akan menyerap segala informasi berdasar apa yang dia lihat dan dengar. Karena itu, baiknya Anda selalu mencoba menjadi figur yang baik di rumah.

Saat si kecil sudah menginjak usia anak-anak, sudah mengerti kemampuan berbahasa, ajaran ia untuk bertanggungjawab dan berdisplin. Anda bisa memberinya tugas kecil seperti mencuci piring setelah makan, merapikan mainan setelah selesai, dan jelaskan mengapa ia perlu melakukannya. Hal ini akan melatihnya agar hidup secara teratur dan rapi. Termasuk pada tugas sekolah. Dengan melakukan kegiatan seperti ini, si buah hati tentunya memiliki tanggungjawab yang sama terhadap tugas di sekolah. Jangan lupa, selalu hargai apa yang ia usahakan. Tidak harus dengan hadiah yang besar, Anda bisa memberikan kebebasan memilih menu atau pilihan liburan di akhir pekan saat berkumpul bersama keluarga.

Berikan madu fermentasi bernama BrainQu ini sejak usia minimal 2 bulan, bagus untuk perkembangan otak si bayi agar insya Alloh lebih mudah dalam menerima pelajaran hidup / kegiatan sehari-hari.

cara mendidik anak agar

Cukupi Gizinya

Cara menjadi pintar sejak usia yakni dengan memberi asi eksklusif. Waktu idealnya yaitu antara 0-6 bulan. Namun, memberikan ASI pada balita disarankan pada usia 0-2 tahun karena disamping sebagai nutrisi penting, ASI ternyata juga berperan sebagai informasi untuk mendidik kekebalan tubuh sang balita. Di dalam ASI terdapat pengalaman sang ibu menghadapi penyakit selama hidup. Selain itu, cobalah untuk mengajarkan si kecil untuk sarapan pagi dan makan tepa waktu. Ajarkan dan biasakan makan-makan sayur, daging, ikan, susu, telur dan berbagai makanan sehat lainnya supaya pertumbuhannya optimal. Cobalah untuk mengkreasikan bekal sekolahnya dengan berbagai macam seni bekal seperti bento agar terlihat lebih menggoda selera.

Bila si kecil mengalami penurunan nafsu makan, coalah untuk meneteskan BrainQu. Madu fermentasi ini terbukti mampu menambah selera makan si kecil agar kebutuhan gizinya tercukupi. Kandungan bahan alaminya seperti Ginko Biloba, bunga teratai terbukti mampu meningkat sistem kekebalan tubuh, menambah konsentrasi, dan bahkan baik sebagai nutrisi pendamping bagi anak dengan autisme. BrainQu juga bisa Anda konsumsi saat Anda hamil dan dalam keadaan berpuasa, agar bayi Anda sehat dan stamina Anda terjaga.

mendidik anak agar cerdas

Biasakan Si Kecil Tidak Jajan Sembarangan
Hal ini memang tidak bisa dipungkiri yakni sekolah dan tempat bermain. Si kecil sudah tentu akan jajan sembarangan. Yang lebih parah lagi, sekarang banyak sekali jajanan yang mengandung bahan berbahaya seperti borax sebagai pengawet. Hal ini tentu sangat berbahaya! Atasi hal ini dengan memberikannya bekal untuk di makan di sekolah. Serta, sering-seringlah mencari informasi tentang jajanan yang sedang tren dan sebisa mungkin kontrol jajanan si kecil. Berikan ia pengetahuan penting akibat jajan sembarangan, agar tidak mudah jatuh sakit dan keracunan.

Berikan permainan yang dapat mengasah otak
Cermat dalam memilih mainan adalah cara mendidik anak agar cerdas yang lain, tepat dan memang harus hati-hati. Pastikan Anda membelikan maina sesuai umurnya. Jangan sampai Anda membiarkan si kecil yang belum waktunya menonton dan memainkan mainan peperangan misalnya, jangan sampai ia pegang begitu saja. Jelaskan bahwa umurnya masih belum diperbolehkan memainkan mainan tersebut karena bisa membahayakan orang lain.
Memberikan Ilmu-Ilmu yang positif

Memberikan ilmu-ilmu positif tidak melulu berhubungan dengan sekolah. Anda bisa saja mengajak si kecil menonton film superhero favoritnya sambil mencari hikmah yang didapat setelah menonton. Disamping bonding lebih bagus, cara mendidik anak agar cerdas melalui cara ini juga, Anda mengajarkan nilai luhur dalam kehidupan sosial.

Tags:
author

Author: